Ternyata Begini 5 Cara Mengecat Tembok Beda Warna Agar Tahan Lama

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Jan 12, 2023
cara mengecat tembok beda warna

Sebenarnya cara mengecat tembok beda warna agar bisa bertahan lama itu sangatlah mudah. Namun tak jarang seseorang tidak ingin ribet untuk melakukannya sendiri, hingga membuatnya menyewa jasa. Tujuannya agar cepat selesai dengan hasil yang maksimal.

Padahal, hal itu bisa dikerjakan sendiri tanpa harus sewa jasa tukang cat. Jika dilakukan sendiri, maka hasil bisa disesuaikan dengan keinginan. Namun dalam melakukan pengecatan beda warna ini, haruslah memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

1. Terapkan Cat Dasar

Jika ingin mengecat tembok dengan beda warna, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu menerapkan cat dasar. Hal ini penting untuk dilakukan seseorang yang ingin mengecat beda warna. Tujuannya agar cat lebih melekat pada dinding.

Pembaca bisa memakai produk khusus dari cat dasar agar hasil lebih maksimal. Terpenting jangan memakai lem putih untuk menggantinya. Hal itu dikarenakan bisa mempengaruhi kualitas cat di kemudian hari. Contohnya saja cat mudah mengelupas.

Jika pembaca memakai produk cat dasar khusus, maka cat utama kan lebih menyerap pada dinding. Serta cat tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pastinya cat tersebut tidak akan mengelupas, sebab telah melekat pada dinding.

2. Atur Pembagian Warna

Cara mengecat tembok beda warna selanjutnya yaitu atur pembagian warnanya. Pembaca harus bisa menentukan warna apa saja yang akan dipakai. Serta pola yang akan digunakan agar terlihat indah dan menarik ketika dipandang orang lain.

Contohnya saja pola yang digunakan seperti horisontal, bulat, vertikal, kotak dan lainnya. Jika dirasa pembaca kesulitan dalam membuat pola langsung dari cat, maka bisa dengan sketsa terlebih dulu. Tujuannya agar saat pengecatan bisa diaplikasikan dengan cepat.

Selain itu, agar pembaca tahu pembagian warna yang akan diterapkan di dinding. Jadi akan terhindar dari kesalahan pemberian cat pada pola yang telah ditentukan. Selain itu, pastinya hasil lebih teratur dan tampak lebih bersih.

3. Mulai Cat Warna Pertama

Jika pembaca telah mengatur pembagian warnanya pada dinding yang akan dicat, selanjutnya bisa langsung mulai mengecat dengan warna yang pertama. Biasanya pengaplikasian warna pertama ini dimulai dengan yang gelap terlebih dahulu.

Tujuannya jika mengalami sedikit kesalahan pada pengaplikasian warna kedua, maka pembaca bisa menutupinya dengan yang pertama. Selain itu, supaya hasil lebih rapi dan tidak terlihat banyak coretan sehingga tampak seperti kotor.

Dalam pengecatan ini, pembaca bisa menuangkan terlebih dahulu cat pada wadah secukupnya. Tujuannya agar cat tersebut tidak dibuang sia-sia jika ada sisa. Serta lebih mudah untuk memegangnya ketika pengaplikasian ke dinding agar tidak meluber.

4. Beri Pembatas Warna

Dalam mengecat tembok beda warna, pembaca harus membuat pembatas diantara keduanya. Tentu dilakukan agar perbedaan warna tersebut dapat terlihat jelas dan nampak lebih indah saja.

Biasanya seseorang akan menggunakan selotip sebagai pembatas warna. Tujuannya agar tembok yang tidak dicat tersebut tetap bersih tanpa tetesan dari cat utama. Begitupun pada pengaplikasian cat yang kedua, yaitu bisa menutupi tembok yang sudah dicat terlebih dahulu.

Biasanya pengaplikasian beda warna ini bisa di jeda dengan perbedaan hari. Contohnya saja setelah pembaca mengaplikasikan warna pertama, biarkan kering terlebih dahulu selama 1×24 jam atau sehari semalam.

5. Aplikasikan Warna Kedua

Dalam mengaplikasikan warna kedua, haruslah ditambahkan air sedikit. Tujuannya agar cat sedikit encer ketika akan diaplikasikan. Setelahnya baru bisa mengaplikasikan pada dinding yang akan dicat. Lakukan pengecatan secara hati-hati untuk cat kedua ini.

Pembaca bisa menggunakan roller pada bidang yang lumayan luas untuk pengaplikasiannya. Sedangkan untuk bagian-bagian yang lumayan rumit, bisa menggunakan kuas. Tujuannya untuk menghindari coretan yang dapat membuat dinding terlihat kotor.

Demikianlah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara mengecat tembok beda warna. Tujuannya agar hasil bisa sesuai dengan keinginan pembaca. Namun jika pembaca ingin mengecat rumah dengan beda warna, maka harus memilih kombinasi yang pas.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *