Inilah Cara Membersihkan Lantai Vinyl dan Tips Merawatnya

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 12, 2023
cara membersihkan lantai vinyl

Saat ini interior rumah dengan menggunakan lantai vinyl banyak digemari. Hanya saja jika salah perawatan maka akan susah untuk dikembalikan seperti semula. Oleh karena itu ketahui cara membersihkan lantai vinyl yang tepat agar tetap awet.

Motif lantai vinyl yang terkesan simple memberikan kesan yang estetis pada ruangan rumah. Agar kondisi lantai tetap terjaga, perlu adanya perhatian terhadap cara membersihkan jenis lantai ini. Simak berikut cara membersihkan lantai jenis vinyl.

Cara Membersihkan Lantai Vinyl

Hampir sama dengan jenis lantai lainnya, namun cara membersihkan lantai vinyl harus cukup berhati-hati agar lantai tidak mengalami goresan. Oleh karena itu pembersihan lantai harus dilakukan dengan aman dan tepat, simak penjelasan berikut.

1. Menyapu Lantai Secara Rutin

Lantai rumah akan selalu terpapar debu dan kotoran setiap hari. Meskipun tak terlihat mata, alangkah lebih baik jika tetap rutin menyapu lantai setiap hari. Pasalnya lantai vinyl cukup sensitif pada permukaan kasar atau abrasive.

Menyapu lantai secara rutin ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya goresan pada lantai. Sebaiknya menggunakan sapu yang terbuat dari bahan dasar yang lembut.

2. Menggunakan Vacuum Cleaner

Selain menggunakan sapu, cara membersihkannya juga dapat dilakukan dengan vacuum cleaner. Ketika menggunakan alat pembersih ini, pastikan untuk mengatur daya kekuatan penyedot agar lantai vinyl tetap aman.

3. Mengepel Lantai Vinyl

Sebelum melakukan pengepelan pada lantai vinyl usahakan sudah disapu sebelumnya. Hampir sama dengan cara mengepel jenis lantai lainnya, namun usahakan pengepelan pada lantai vinyl ini tidak terlalu basah agar tidak menyebabkan kelembapan yang berlebih.

Jika perlu gunakan cairan pembersih khusus untuk lantai vinyl yang bisa diperoleh di pasaran. Disarankan untuk tidak menggosok permukaan lantai terlalu keras. Apabila proses pengepelan sudah selesai, sesegera mungkin untuk mengeringkannya.

4. Memanfaatkan Baking Soda

Bahan satu ini dapat digunakan untuk menghilangkan goresan maupun mengangkat noda yang membandel pada lantai vinyl. Cara membersihkan lantai vinyl menggunakan baking soda terbilang mudah untuk dilakukan.

Caranya yaitu dengan mencampurkan soda dengan air lalu aduk sampai terbentuk pasta. Gunakan kain halus untuk menggosok pasta yang sudah dibuat terhadap noda yang menempel pada lantai vinyl.

Ketika menggosok permukaan lantai vinyl lakukan secara perlahan. Apabila noda pada lantai sudah hilang, kemudian lap dan bersihkan baking soda yang tersisa pada lantai.

Tips Merawat Lantai Vinyl

Sedikit sensitif pada permukaan kasar, lantai jenis vinyl tentu membutuhkan perawatan agar lantai tetap awet. Berikut tips merawat lantai vinyl agar tetap awet dan kondisi permukaan lantai tetap terjaga.

  • Menggunakan keset pada setiap pintu untuk memasuki ruangan.
  • Memberikan alas kain pada perabotan rumah yang memiliki ujung tajam.
  • Letakkan tambahan lapisan alas ketika ingin memindahkan barang-barang besar seperti kulkas, sofa dll ke ruangan yang menggunakan lantai vinyl.
  • Hindari penggunaan larutan pembersih yang memiliki kandungan amonia.
  • Jangan menggunakan pembersih abrasif ataupun pisau untuk menghilangkan noda yang menempel pada lantai.
  • Gunakan kain yang halus untuk menghilangkan noda pada lantai.
  • Jika terdapat tumpahan air pada permukaan lantai vinyl maka sesegera mungkin untuk mengeringkannya.
  • Jika lantai vinyl sudah kehilangan kilaunya, maka dapat mengembalikannya dengan menggunakan sealant atau semir khusus.

Demikian cara membersihkan lantai vinyl dan tips untuk merawatnya. Selain menggunakan baking soda, membersihkan lantai vinyl dari noda membandel juga dapat dilakukan dengan produk yang tersedia di pasaran.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *