Inilah Cara Membersihkan Lantai Granit yang Baru Dipasang dengan Efektif

  • Suriyadi Kolomarsi
  • May 09, 2023
cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang

Jenis lantai granit banyak dipilih karena memiliki desain dengan kesan alami, mewah dan elegan. Meskipun lantai terbilang kokoh, namun harus dirawat dengan baik apalagi baru dipasang. Terdapat beberapa cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang dengan efektif.

Interior rumah seperti lantai biasanya akan mudah kotor dan harus rutin untuk dibersihkan. Perawatan dan cara membersihkan lantai jenis granit lama maupun baru dipasang tidak jauh berbeda. Namun terdapat beberapa cara khusus yang bisa dilakukan, simak berikut ini.

Cara Membersihkan Lantai Granit yang Baru Dipasang

Apabila baru dipasang, tentunya harus berhati-hati ketika membersihkan lantai granit ini. Terdapat beberapa cara membersihkan lantai granit, simak berikut penjelasannya.

1. Bersihkan Lantai Setiap Hari

Lantai rumah akan selalu terpapar debu dan kotoran setiap hari. Meskipun tak terlihat mata, alangkah lebih baik jika tetap rutin membersihkan lantai setiap hari.

Pembersihan lantai granit setiap hari ini tidak perlu menggunakan cairan pembersih khusus, cukup dengan cairan pembersih biasa dan kain pel. Hal terpenting dalam hal ini yaitu agar tetap konsisten membersihkannya setiap hari.

2. Lakukan Pengkilapan Setiap Minggu

Selain membersihkan lantai setiap hari, perlu juga untuk melakukan pengkilapan setiap minggu. Melalui cara ini lantai granit akan bebas dari debu maupun kotoran secara maksimal. Melakukan pengilapan ini tentu membutuhkan cairan khusus granit.

Cairan pembersih khusus lantai granit ini sudah banyak dijual di pasaran. Lakukan pembersihan dengan cairan atau pembersih khusus setiap minggu secara rutin agar lantai tetap kinclong.

3. Gunakan Kain Halus

Menggunakan kain halus ketika membersihkan lantai memang akan lebih lama, apalagi pada ukuran lantai yang cukup luas. Namun agar lantai granit terhindar dari goresan ketika proses pembersihan, maka sangat disarankan untuk menggunakan kain halus.

Proses pembersihan lantai granit dengan kain halus ini sama saja dengan cara membersihkan lantai pada umumnya. Namun lakukan secara berhati-hati agar lantai terhindar dari goresan.

4. Gunakan High Pressure Cleaner

Apabila ukuran lantai yang akan dibersihkan sangat luas, tentu tidak bisa hanya mengandalkan kain pel saja. Agar hasil lebih maksimal, dibutuhkan sebuah alat seperti High Pressure Cleaner untuk membersihkan lantai granit.

Selain akan hemat waktu, membersihkan lantai granit dengan High Pressure Cleaner akan membantu menghilangkan kotoran, noda, cetakan bahkan lumpur membandel. Sekalipun kotoran tersebut sudah menempel lama pada lantai, alat ini mampu membersihkannya secara maksimal.

Tips Merawat Lantai Granit Agar Tetap Mengkilap

Selain cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang akan lebih baik jika juga merawatnya. Agar lantai granit tidak kusam dan tetap mengkilap setelah digunakan, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya, simak berikut ini.

  • Setelah baru dipasang, bersihkan lantai granit menggunakan pel kering atau vacuum cleaner jika ada.
  • Usahakan tidak meletakkan perabotan rumah yang memiliki alas tajam atau kasar diatas lantai granit.
  • Lakukan pengepelan lantai granit dengan teratur dan usahakan benar-benar bersih dan tidak meninggalkan bercak cairan.
  • Lakukan pengelapan secara teratur pada lantai granit menggunakan kain basah. Cara ini sangat ampuh untuk membuat lantai tetap mengkilap dan tidak kusam.
  • Sediakan keset pada pintu sebelum memasuki ruangan dengan lantai granit. Hal ini akan sangat membantu untuk menjaga lantai agar tidak cepat kusam dan kotor.
  • Jika ingin mengepel lantai, pilihlah alat pel atau pembersih yang memiliki tekstur yang lembut agar permukaan lantai tidak tergores.
  • Pastikan menggunakan cairan khusus untuk membersihkan lantai granit.
  • Lakukan pemolesan secara berkala agar kualitas lantai granit tetap terjaga. Sebaiknya pemolesan lantai granit ini dilakukan oleh profesional agar hasil lebih optimal.

Itulah beberapa cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang serta tips perawatannya. Melalui penjelasan di atas, akan sangat membantu agar lantai tetap bersih dan mengkilap.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *