Ketahui Rincian Biaya Meninggikan Atap Rumah Secara Lengkap Disini!

  • Suriyadi Kolomarsi
  • Apr 21, 2023
biaya meninggikan atap rumah

Berapa besaran biaya meninggikan atap rumah tentu saja banyak dicari terutama terkait biaya terperinci dari segala bahan dan prosesnya. Pemilik rumah memang ada baiknya untuk selalu melakukan riset dari beberapa informasi pendukung sebelum melakukannya.

Hal ini agar nantinya pemilik rumah dapat menyiapkan besar dari kisaran dananya terlebih dahulu sehingga dapat sesuai dengan anggaran. Berikut akan diberikan uraian singkat terkait dana yang dibutuhkan dalam satu kali proses peninggian atap rumah.

Biaya Bahan

Yang paling pertama dalam mengetahui biaya meninggikan atap rumah tentu saja estimasi dari biaya bahan dalam pembangunan itu sendiri. Berikut akan dijelaskan secara detail apa saja sekiranya bahan yang dibutuhkan dalam proses peninggian beserta harganya.

1. Biaya Rangka Atap

Meninggikan atap rumah tentu saja memerlukan peninggian menggunakan rangka dari atap itu sendiri sebagai penopang bagian bawahnya. Kebutuhan dari rangka ini sendiri juga tergantung dari besaran rumah huni yang ditinggali tersebut dan terdapat angka lebih.

Untuk harga dari rangka tergantung dari merek perusahaan yang mengeluarkannya, di pasaran berkisar antara 100 hingga 150 ribu tiap meternya. Sehingga pemilik rumah dapat mengira-ngiranya dengan informasi luas keseluruhan rumah yang dikalikan dengan harga permeternya.

2. Biaya Atap atau Genteng

Selain rangka, tentu saja membutuhkan atap sebagai bahan lain yang didukung oleh rangka agar dapat kokoh berdiri ke atas. Biaya atap yang dimaksud merupakan genteng yang dipilih sesuai keinginan terkait warna, perusahaan pembuat, hingga teksturnya.

Genteng yang sudah kokoh dan banyak digunakan oleh pemilik rumah biasanya dijual dengan harga 3 ribu satu buahnya di toko bangunan. Masih sama dengan informasi dari luas bangunan maka dapat dihitung keperluan atap secara keseluruhan.

3. Biaya Cat Pelapis

Sebuah atap juga harus dilapisi cat pelapis agar lebih tahan bocor ketika terus terkena tetesan air hujan. Cat pelapis ini sendiri juga dapat digunakan oleh semua jenis atap mulai dari atap dengan genteng hingga beton.

Kemasan dari cat ini berupa kalengan yang dalam satu kalengnya berisikan 4 kilo cat pelapis anti bocor yang dapat digunakan. Harganya juga relatif murah yaitu hanya berkisar antara 190 hingga 250 ribu dalam satu kalengnya. Namun tantunya hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Biaya Tukang Bangunan

Jika pemilik rumah merasa mengerjakan sendiri hanya akan menjadi repot terlebih ketika harus bekerja maka dapat menggunakan jasa tukang bangunan. Karena kalau sudah diatasi oleh ahlinya maka pengerjaan bisa dinilai lebih cepat selesai dari biasanya.

Biaya meninggikan atap rumah untuk pembiayaan tukang bangunan juga tergantung dari pekerjaan dan perjanjian awal apakah harian atau borongan. Pemilik rumah hanya perlu menyiapkan dana sekitar 2 juta untuk biaya tukang dalam pekerjaan 4 hari.

Biaya Darurat

Adanya biaya darurat ini adalah sebagai lebihan dari harga kisaran yang sudah dihitung sebelumnya agar tidak lagi kebingungan. Jika tidak digunakan maka biaya darurat juga bisa didiamkan saja dan dapat digunakan untuk keperluan mendesak lainnya.

Biasanya biaya darurat disediakan tidak banyak, mengingat keperluan pembelian bahan lain yang sudah menghabiskan banyak dana. Ketersediaan dana ini biasanya tidak lebih dari 500 ribu hingga 1 juta untuk kebutuhan yang sekiranya memang harus dibeli.

Demikian penjelasan singkat terkait berapa biaya meninggikan atap rumah yang sekiranya harus disiapkan untuk dikeluarkan nantinya. Pastikan juga untuk selalu melebihkan dana sebagai dana darurat, karena penjelasan di atas hanyalah sebagai perhitungan kasaran saja.

Author Profile

Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi Kolomarsi
Suriyadi adalah Seorang ahli teknik sipil yang telah lama berkarier di bidang ini. Memiliki keinginan kuat untuk memahami dan menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui ilmu teknik sipil dan arsitektur. Suriyadi mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana memperdalam pengetahuannya tentang konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Suriyadi mulai bekerja di sebuah perusahaan konsultan teknik yang terkenal. Ia terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti pembangunan jembatan, gedung-gedung tinggi, dan proyek infrastruktur kota. Pengalamannya dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis ini menjadi landasan kuat bagi pengetahuannya di bidang teknik sipil dan arsitektur.

Selain menjadi seorang praktisi teknik sipil yang berpengalaman, Suriyadi juga memiliki bakat dalam menulis. Ia memutuskan untuk berbagi pengetahuannya dan pengalamannya melalui sebuah blog yang dikelolanya dengan penuh dedikasi. Blog ini menjadi sumber informasi terpercaya bagi para pembaca yang tertarik dengan dunia teknik sipil, konstruksi, dan arsitektur. Di sana, ia berbagi artikel, panduan, dan pemahaman mendalam tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *