Kemenkes Ikut Manfaatkan AI untuk Ekosistem Big Data di tempat Layanan Kesehatan

  • Achmad Kolomarsi
  • Nov 06, 2023
Kemenkes Ikut Manfaatkan AI untuk Ekosistem Big Data di area tempat Layanan Kesehatan

Vistortech.com ID – Wakil Menteri Komunikasi juga Informatika (Kominfo), Nezar Patria mengatakan kalau pemerintah mulai memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk layanan rakyat di tempat Indonesia.

Ia menjelaskan kalau saat ini Indonesia telah lama mengembangkan sistem berbasis AI untuk mengidentifikasi dan juga melawan disinformasi yang ada di dalam media sosial.

“Saat ini kami sedang mengembangkan sistem AI yang mengimplementasikan teknologi Natural Language Processing untuk melengkapi teknologi yang sudah ada,” ungkap Nezar dalam siaran pers, dikutip Senin (6/11/2023).

Dia menyebut kalau Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga berencana untuk mengembangkan sistem ekologi big data berbasis AI pada layanan kesehatan.

“Ekosistem ini diharapkan dapat meningkatkan sistem kesehatan nasional menjadi lebih besar akurat, komprehensif, kemudian berbasis data,” sambung Wamen Kominfo.

Guna memperkuat rencana tersebut, Pemerintah sudah pernah mengerahkan upaya untuk meningkatkan kapasitas keterampilan digital melalui program Digital Talent Scholarship (DTS).

Di program itu, Kementerian Kominfo membekali pegawai negeri sipil (PNS) juga pekerja sektor swasta terpilih dengan keterampilan yang tersebut diperlukan untuk memanfaatkan sistem berbasis AI.

“Program DTS menyediakan berbagai kursus yang berkaitan dengan AI seperti AI for Developer lalu AI for Data Scientist,” lanjut Nezar.

Lebih lanjut Wamenkominfo juga mengundang keterlibatan pemangku kepentingan untuk peningkatan keterampilan digital lalu pemanfaatan teknologi AI dalam sektor layanan publik.

“Kami berupaya untuk memajukan upaya kami dan juga mengundang lebih banyak banyak pemangku kepentingan untuk membantu upaya kami dalam memajukan peningkatan keterampilan digital, serta penyediaan layanan rakyat pada Indonesia,” pungkasnya.

Sumber: Suara.com

Author Profile

Achmad Kolomarsi
Achmad Kolomarsi
Achmad adalah seorang profesional di bidang teknik sipil dan arsitektur yang juga dikenal sebagai penulis blog yang berpengaruh. Sejak usia muda, Achmad telah memiliki minat yang mendalam dalam struktur bangunan dan desain arsitektur.

Achmad mengejar pendidikan sarjana di bidang Teknik Sipil di Universitas Balikpapan, di mana ia mendalami ilmu perencanaan struktural dan desain bangunan. Selama masa studinya, ia menjadi mahasiswa teladan dan aktif dalam berbagai organisasi mahasiswa yang berkaitan dengan arsitektur dan teknik sipil.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Achmad mulai bekerja sebagai seorang insinyur struktural di sebuah perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia. Ia terlibat dalam berbagai proyek penting, mulai dari bangunan komersial hingga infrastruktur publik, yang memberinya pengalaman berharga dalam industri.

Namun, kecintaannya pada dunia arsitektur juga terus berkembang, dan Achmad memutuskan untuk membagikan pengetahuannya melalui sebuah blog. Blognya segera menjadi sumber informasi utama bagi mereka yang tertarik dalam dunia teknik sipil, arsitektur, dan desain. Di blognya, Achmad menyediakan panduan, artikel, serta ulasan tentang tren terbaru dalam industri ini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews kolomarsi.com

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *